ChameleonCute

Membahas Tentang Tutorial Tips dan Trik Serta Materi Sekolah

Ads Here

Thursday, November 9, 2017

Periperal Komputer (Pengertian,Macam Perangkat Periperal, Serta Contoh Periperal)

Pengertian Periperal Komputer

Periperal Komputer merupakan Perangkat tambahan komputer yang dibutuhkan untuk mengambil informasi dalam bentuk yang terlihat maupun terdengar juga untuk keperluan lainnya seperti koneksi jaringan , mencetak , atau mengambil gambar.

Macam-macam Periperal Komputer

  • Periperal Utama =>  Yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita mengoperasikan komputer sehingga periperal ini dapat dipisahkan dengan komputer utama, Contohnya Mouse , Keyboard dan Monitor.
  • Periperal Pendukung => Yaitu Perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer , sehingga periperal ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer , Contohnya : Printer , Scanner , Modem , dan lain-lain.

Periperal Input

Periperal Input komputer adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut.
Beberapa contoh periperal input adalah :

Keyboard


Keyboard adalah Sebuah alat papan ketik yang terdiri dari beberpa tombol untuk menuliskan huruf , angka maupun simbol khusus lainnya yang akan ditampilkan di layar monitor.Keyboard dapat berfungsi untuk memasukkan huruf ,  angka , dan karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untul melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Mouse


Mouse adalah salah satu unit masukan ( input device ) .Fungsi alat ini adalah perpindahan pointer atau kursor  secara cepat. Selain itu dapat sebagai peritah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

Touchpad


Touchpad Merupakan unit masukan yang biasanya terdapat pada laptop dan notebook,yaitu dengan menggunakan sentunhan jariyang biasanya dingunakan untuk menggantika mouse.


Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk mengcopy atau menyalin gambar atau text yang kemudian disimpan kedalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi Scanner ini mirip serperti mesin foto copy ,perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilhat pada kertas sedangkan Scanner hasilnya tidak dapat dlihat pada kertas tetapi hasinya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbakan atau modifikasi dan kemudian  dapat disimpan kembali baik dalam bentuk text maupun file gambar.


Graphics Pads


Graphics Pads Merupakan masukan untuk menggambar objek pada monitor.

Light Pen


Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).Light Pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


Joy Stick dan Games Paddle


Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat , sedangkan games paddle biasanya benbentuk tombol-tombol yang akan mengatur gerak objek dalam komputer.

Barcode


Barcode termasuk dalam unitmasukan ( input device ).Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk angka-angka.


Mikrofon


Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

Periperal output komputer

Periperal Output Komputer merupakan perangkat keras yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna.
Beberapa contoh Perangkat output antara lain :

Monitor


Komputer biasanya dihubungkan pada piranti display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor berfungsi untuk menampilkan data, instruktur dan informasi dalam bentuk text dan grafik atau gambar di layar monitor.Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran , dan karasteristik yang berbeda.


Printer


Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan,baik berupa text maupun gambar / grafik, diatas kertas.


Plotter


Plotter adalah Printer grafis yang menggambarkan dengan menggunakan pena-pena tinta , plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.


Modem


Modem adalah singkatan dari Modulator dan Demodulator.Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa(carrier) dan siap untuk dikirimkan.sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

semoga bermanfaat.

1 comment:

Blog Archive

Link list